Resep Pempek Enak Asli Palembang

Resep Pempek Palembang -Sajian resep kali ini, kami hadirkan makanan dari daerah Palembang, salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan Jembatan Ampera dan makanan khasnya yaitu Pempek dan Tekwan. Pempek atau Empek Empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Makanan Pempek dapat anda jumpai di seluruh wilayah Sumatera Selatan, sehingga jika anda pergi kesana dan ingin menikmati rasa Pempek di daerah asalnya tidak susah dicari. 

Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau dalam bahasa Palembangnya adalah cuko. Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih dan garam. 

Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko selain digunakan untuk melengkapi Pempek juga ada kasiatnya, yaitu cuko dapat melindungi gigi dari kariesatau  kerusakan lapisan email dan dentin. Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. Salah satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Pempek memiliki beberapa jenis yaitu ada Kapal Selam, Lenjer, Kulit, dan Bulat. Jenis pempek yang terkenal adalah Pempek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, Pempek bulat atau terkenal dengan nama ada'an, pempek kulit ikan, pempek pistel yang isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui, serta  pempek telur kecil atau bulat, dan pempek keriting atau kulit.

Pada tahun 1980-an, penjual Pempek Palembang biasanya memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya, namun sekarang biasanya penjual Pempek di dorong pake gerobak. Pempek Palembang sekarang juga dapat dijumpai dimanapun tidak hanya di Sumatera, dan bahkan tidak hanya di pinggir-pinggir jalan tapi juga di restoran-restoran dan warung-warung, jadi sudah tidak asing lagi pastinya.

Namun varian rasa dan harga sudah tentu berbeda. Apabila harga mahal pasti bahan dan rasa juga pasti enak banget karena rasa ikan dan telor serta bumbunya terasa banget, namun jika harga murah pasti rasanya juga enak biasa saja karena bahan yang digunakan mungkin banyak campurannya, maksudnya ikan dan telornya takrannya dikurangi dan diperbanyak sagunya. 

Dari pada anda harus membelinya dengan harga mahal demi menikmati Pempek Palembang yang lezat, kenapa tidak ambil inisiatif membuatnya sendiri, pasti lebih hemat dan lebih memuaskan serta lebih sehat karena bisa tau seperti apa kualitas bahan dan perabotan yang digunakan. 

Bagi anda yang gemar kuliner Palembang, sekarang coba sendiri dirumah untuk membuat makanan kesukaan anda. Kami akan membantu memberikan apa saja bahan dan bagaimana cara membuat Pempek Palembang favorit anda dan keluarga. Di bawah ini akan kami sajikan Resep Pempek Palembang khusus untuk anda, mari simak terus resep berikut ini.


Resep Pempek Palembang
Resep Pempek Palembang

Bahan Pempek Palembang:

  1. 1 kg ikan belida yang sudah digiling. Bisa diganti dengan ikan tenggiri atau ikan gabus.
  2. 1,5 kg tepung sagu kualitas baik
  3. 1 bungkus bumbu penyedap
  4. 1 gelas air es matang
  5. garam secukupnya

Cara Membuat Pempek Palembang:

  1. Pertama, siapkan air yang direbus dengan ditambah 2 sendok makan minyak goreng.
  2. Lalu campurkan ikan yang sudah digiling tadi dengan air es. Tambahkan garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai tercampur dengan rata.
  3. Tambahkan tepung sagu secukupnya ke dalam adonan yang telah tercampur dengan rata tadi. Aduk hingga adonan menjadi kental dan bisa diuleni dan tidak lengket. Banyaknya sagu yang dimasukkan tergantung dari tingkat kekenyalan yang diinginkan. Supaya rasa ikan lebih terasa, jangan terlalu banyak memasukkan sagu ke adonan.
  4. Untuk membentuk adonannya, tangan dilumuri sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu bentuk adonan sesuai dengan selera. Bisa dibuat bentul lonjong atau diisi dengan telur.
  5. Setelah itu rebus adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam air yang direbus dengan minyak goreng. Rebus sampai adonan mengapung. Angkat, dan tiriskan.

Bahan Cuka Pempek Palembang: 

  1. 250 gram gula aren
  2. 50 gram air asam jawa
  3. 200 gram bawang putih, kupas dan dicincang halus
  4. 2 sendok makan ebi, haluskan
  5. 1 liter air minum
  6. 15 biji cabai rawit yang sudah dihaluskan
  7.  garam secukupnya

Cara Membuat Cuka Pempek Palembang:

  1. Campur gula aren dan juga air asam jawa ke dalam air. Lalu rebus sampai mendidih.
  2. Campur bawang putih, ebi, cabai rawit yang sudah dihaluskan, dan juga garam secukupnya ke dalam rebusan gula aren dan asam jawa. Rebus sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan.
Meskipun sedikit ribet, tapi gampang kok membuatnya dan bahannyapun ada dipasaran. Tingkat kepedasan tergantung dengan selera. Jika anda ingin lebih pedas, bisa ditambahkan lagi cabai rawitnya. Untuk penyajiannya, Pempek Palembang yang sudah dipotong-potong sesuai selera, sajikan di piring dan siram dengan cuka Pempeknya. Anda juga bisa menambahkan potongan ketimun dan mie kuning sesuai selera juga. Pempek Palembang ini lebih sedapt disantap saat masih hangat. Demikian Cara Membuat dan Resep Pempek Palembang enak dan lezat. Sajikan juga menu hidangan enak lainnya yaitu Resep Es Cappuccino Cincau Sehat dan Segar, dijamin anda ketagihan. Ingat, tetap stay tune di zonamakan.blogspot.com karena kami akan berbagi resep-resep istimewa lainnya. Selamat mencoba
Resep Pempek Enak Asli Palembang | Unknown | 4.5