Cara Membuat Tempe Kedelai Enak Berkualitas

Cara Membuat Tempe - Tempe merupakan makanan yang berasal dari fermentasi dari biji kedelai atau bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang rhizopus dalam bahasa latinnya. Sediaan fermentasi tersebut terkenal dengan sebutan Ragi Tempe. 

Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan sebagai pencegah penyakit degeneratif. 

Asam lemak pada tempe digolongkan ke dalam kelompok Polyunsaturated Fatty Acids atau PUFA. Asam jenis ini merupakan asam lematk tidak jenuh majemuk yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperoleh dari proses fermentasi tempe. Asam tersebut adalah oleat dan linolenat. Kedua asam ini bekerja efektif dalam menurunkan kolesterol serum dalam darah sehingga dampak negatif sterol bisa ditangkal.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas.

Tempe memang asli buatan Indonesia namun sayang sekali karena seluruh dunia sudah tau apa itu Temppe dan bagaimana membuatnya sehingga Teme sudah terkenal di seluruh penjuru dunia dan karena hal tersebut mengakibatkan Hak Paten Tempe bukan dimiliki oleh Indonesia namun dimiliki oleh Jepang dengan sebutan Neto. 

Meskipun demikian, jangan disikapi dengan anarki, lebih baik jadikan sebuah pelajaran untuk negara kita agar kedepannya kalau Indonesia memiliki sebuah kebudayaan diberbagai bidang atau aneka bahan pangan dan resep asli Nusantara segeralah untuk dipatenkan bahwa itu milik kita sehingga kalau ada pihak lain yang mematenkan juga, maka kita dapat mensikapinya secara bijak dan pintar. 

Masih berbicara masalah Tempe tahukah anda kalau membuat Tempe itu gampang-gampang susah, karena kalau gagal hasilnya akan Mondol atau tidak berjamur secara sempurna sehingga wujud kedelai terpisang-pisang. Kami memiliki resep lengkap bagaimana Cara Membuat Tempe Kedelai yang enak dan berkualitas.

Sekarang di zonamakan.blogspot.com akan menampilkan resep warisan nenek moyang yang masih eksis hingga kini dan merupakan resep nusantara yang telah mendunia yaitu Resep Tempe Kedelai. Disini kami akan menyajikan Cara Membuat Tempe kedelai khas Indonesia untuk anda. Silahkan simak resep lengkapnya berikut ini. 

Cara Membuat Tempe
Cara Membuat Tempe

Bahan Membuat Tempe :

  1. Kedelai Putih 5 Kg
  2. Bibit tempe/Ragi Tempe 5gr
  3. Air bersih

Alat-alat Membuatan Tempe :

  1. Panci
  2. Kompor
  3. Tampah 2 buah
  4. Ember Plastik
  5. Plastik Pembungkus
  6. Kertas dan daun pisang

Cara Membuatan Tempe :

  1. Siapkan Alat dan Bahan
  2. Pilih kedelai untuk mendapatkan kedelai terbaik dengan cara dipilah dan membuang yang jelek.
  3. Bersihkan/cuci kedelai dengan air bersih
  4. Rebus kedelai yang telah dicuci kedalam air selama 30 menit, angkat dan dinginkan. Biarkan kedelai masih dalam tempat dan air rebusannya.
  5. Tambahkan 10ml asam laktat/liter air perebus (untuk memperoleh pH=5) selama 12 jam untuk mendapatkan kualitas tempe terbaik.
  6. Cuci dan buang kulit kedelai dan rebus kembali dengan air bersih selama 90 menit, angkat dan tiriskan
  7. Setelah ditiriskan dan dingin sempurna, tambahkan ragi tempe dan aduk hati-hati secara merata.
  8. Bungkus kedelai dengan plastik transparan atau dengan kertas dan daun pisang. Jika menggunakan plastik, tusuk plastik dengan lidi secara merata untuk ventilasi saat fermentasi.
  9. Simpan selama 23-30 jam sampai peragian berjalan sempurna.
  10. Tempe siap diolah atau dipasarkan.
Setelah Tempe jadi dengan sempurna, anda dapat mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan sesuai dengan selera anda. Demikian Resep dan Cara Membuat Tempe kedelai yang enak dan berkualitas dari kami. jangan sampai terlewatkan untuk mencoba resep kami sebelumnya yaitu Resep Membuat Kue Putri Salju Spesial Renyah. Nantikan resep kami lainnya. Selamat mencoba
Cara Membuat Tempe Kedelai Enak Berkualitas | Unknown | 4.5