Resep Zuppa Soup Lengkap Ala Italia

Resep Zuppa Soup - Makanan unik bernama Zuppa Soup berasal dari Kota Pasta yaitu Italia. Nama Zuppa Soup disana biasa disebut Zuppa alla Pavese yang pertama kali dibuat tahun 1525 di kota Lombardy. Zuppa Soup memiliki sejarah kuliner yang berkaitan dengan sejarah wilayah di Italia.

Dahulu kala terjadi peperangan antara pemberontak Perancis, Spanyol, dan Switzerland untuk merebut kekuasaan Raja Itali. Dalam pemberontakan tersebut, penguasa Itali dapat melumpuhkan musuhnya. Seusai perang, sang raja singgah di sebuah cottage untuk mengisi perut. Sang koki berupaya menghidangkan sajian istimewa membuat sup yang terdiri dari campuran telur, mentega dan keju. Inilah cikal bakal hidangan yang kita kenal sekarang sebagai Zuppa Soup.

Asal kata Suppa (soup, soupe, sop, sopa, sopen, zuppa) aslinya dari kata Frankish (Franks, rumpun bangsa Jerman yang terkenal sangat perkasa, dahulu datang mendiami Gaul, bekas provinsi Roma dan akhirnya menjadi Perancis). Kini makanan Italia ini terkenal dengan sebutan Zuppa Soup.

Sensasi kelezatan yang di dapat dari Zuppa Soup ketika menyeruput sup kental beraroma harum yang dihidangkan sebagai menu pembuka pada pesta makan malam, atau sebagai makanan penghangat sebelum menyantap sandwich. Namun di Indonesia karena makanan pokoknya dalah nasi bukan roti atau gandum, sehingga sering kali menjadikan Zuppa Soup sebagai makanan cemilan atau makanan kecil saat bersantai.

Rasa Zuppa Soup yang gurih dan aromanya harum sangat menggugah selera makan kita. Hidangan Zuppa Soup biasanya terdiri dari puff pastry tipis renyah, yang menutup mangkuk berisi sup kental terbuat dari campuran daging, susu cair, bawang putih, dan aneka bumbu lainya.

Bagi anda yang masih asing apa itu Zuppa Soup, seperti apa wujudnya dan bagaimana rasanya, kami akan berbagi apa itu Zuppa Soup dan bagaimana Cara Membuat Zuppa Soup agar anda dapat membuat dan merasakannya sendiridi rumah. Sebelumnya kami telah berbagi Resep Egg Tart Lezat Asli Khas Bali dan sekarang kami akan berbagi Resep Zuppa Soup khas Italia secara lengkap. Silahkan simak resep lengkapnya berikut ini.

Resep Zuppa Soup
Resep Zuppa Soup

Bahan Puff Pastry Zuppa Soup :

  1. 1 kg tepung terigu protein tinggi
  2. 550 gr air
  3. 30 gr gula pasir
  4. 15 gr garam
  5. 50 gr telur (lk 1 butir)
  6. 100 gr margarine
  7. 500 gr korsvet/pastry margarine

Cara Membuat Puff Pastry Zuppa Soup :

  1. Campur tepung terigu , margarine, telur, dan air, uleni sampai lembut. Bungkus dengan plastik, simpan 20 menit dalam lemari es.
  2. Bungkus pastry margarin dengan plastik, pukul-pukul dengan penggilas hingga pipih (kurleb 15x10cm).
  3. Taburi permukaan meja dengan tepung. Keluarkan adonan dari lemari es, gilas hingga berukuran 2x panjang pastry margarine yang telah dipipihkan.
  4. Taruh pastry margarin pada 2/3 bagian lembaran pastry dengan jarak 1/2 cm dari tepinya. Lipat 1/3 bagian yang tidak kena pastry margarin ke tengah hingga menutupi setengah bagian pastry margarin. Lalu lipat 1/3 bagian sisanya ke tengah hingga seluruh pastry margarin tertutup rapat.
  5. Putar lembaran pastry hingga lipatan terbuka menghadap kita. Gilas dengan kuat tapi hati-hati sampai panjangnya menjadi 6x lebarnya.
  6. Lipat lembaran pastry ke tengah saling menumpuk 1 cm, lalu lipat dua (lipatan ganda).
  7. Bungkus adonan dengan plastik, simpan di lemari es selama 20 menit.
  8. Keluarkan lembaran pastry dari lemari es. Ulangi membuat lipatan ganda sebanyak 2x.
  9. Keluarkan lembaran pastry dari lemari es. Sebelum dipakai, gilas lembaran pastry setebal 3mm. Boleh digilas arah atas ke bawah atau kiri ke kanan.
  10. Istirahatkan 15 menit agar mengerut.
  11. Bentuk adonan sesuai kebutuhan. Adonan pastry siap digunakan.

Bahan Isi Zuppa Soup :

  1. 1/4 bawang bombay diiris halus
  2. 1 siung bawang putih
  3. 1 paha ayam potong dadu
  4. 1 sosis
  5. Sayuran beku (bisa seperti wortel dan jagung )
  6. Garam secukupnya
  7. Lada bubuk secukupnya
  8. Semua bahan ini ditumis hingga matang, tiriskan

Bahan Cream/ Kuah Zuppa Soup :

  1. 2 sendok mentega or butter
  2. 2 sendok Terigu
  3. 300 ml susu putih
  4. 80 gram keju parut
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. 1/2 sdt kaldu blok

Bahan Olesan Puff Pastry Zuppa Soup :

  1. 1 butir kuning telur
  2. 1 butir telur
  3. 1,5 gram garam atau secukupnya
  4. Campurkan semua bahan olesan mencadi satu, aduk hingga rata dan tiriskan

Cara Membuat Zuppa Soup Lezat :

  1. Panaskan mentega lalu masukan terigu, aduk dengan cepat lalu masukan susu sambil terus diaduk.
  2. Masukan lada,kaldu lalu masukan keju(kalau terlihat kental tambahkan air sampai kekentalan yang diinginkan)
  3. Kemudian masukan isi tumisan.
  4. Matikan api kemudian angkat
  5. Tuangkan isian kedalam mangkuk ,cetak pastry melebihi mangkok.
  6. Olesi bagian atas pastry dengan bahan olesan.
  7. masukkan Zuppa Soup kedalam oven hingga matang

Tips Membuat Zuppa Soup :

  1. Panaskan oven dengan suhu 185 derajat celcius.
  2. Kecilkan suhu ke 160 celcius.
  3. Agar lebih baik hasilnya, nyalakan api atas dan bawah sampai bagian atas pastry menggunung baru gunakan api bawahnya saja sampai matang.
Santap dan nikmatilah Zuppa Soup selagi hangat agar Puff Pastry tetap renyah dan rasanya juga nikmat. Demikian adalah Cara Membuat dan Resep Zuppa Soup ala Italia secara jelas dan sangat lengkap. Sebagai menu penutup makan anda kami hadirkan Skotel Macaroni Panggang Spesial. Nantikan resep kami lainnya hanya di zonamakan.blogspot.com secara lengkap dan jelas. Silahkan mencobanya dan semoga bermanfaat
Resep Zuppa Soup Lengkap Ala Italia | Unknown | 4.5