3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis

3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis - Seperti di sebuah penilitian menunjukkan 7 dari 10 anak mengalami kekurangan gizi sarapan, sehingga mengakibatkan kondissi tubuh yang lemah dan tidak memiliki konsentrasi penuh dalam beraktivitas. Tentunya bagi para orang tua sangat khawatir jika anaknya mengalami kondisi yang demikian, apalagi sampai jatuh sakit karena perut kosong.

Tanpa kita sadari ternyata sarapan itu sangat penting dan hukumnya wajib, karena setelah tubuh kita malamnya tidur selama berjam-jam maka tubuh kita tidak terisi air ataupun makanan. Sehingga ketika kita bangun tidur kemudian membersihkan diri, sangat dianjurkan untuk mengisi perut kita dengan makanan dan minuman sebelum melakukan aktifitas rutin.

Makanan yang harus kita makan sebagai menu sarapan tidaklah sembarangan, kita harus memilih menu sarapan yang sehat. Makanan berat tentu menjadi menu wajib untuk sarapan, karena dengan mengasumsi makanan berat di pagi hari maka kita akan mendapatkan stamina yang cukup untuk tubuh agar kondisi tubuh kita mampu untuk beraktifitas penuh. Selain itu dengan sarapan menggunakan menu berat tidak akan membuat kita gemuk asalkan dengan porsi makan sesuai takaran perut kita.

Biasanya kebanyakan orang jarang sarapan karena mereka sering kali bangun kesiangan sehingga telat berangkat kerja, atau berangkat sekolah, dll, selain itu terkadang karena mereka merasa tidak terbiasa sarapan dan satu lagi alasan yang paling menjadi momok bagi wanita karir yaitu karena membuat sarapan itu ribet sehingga membuat mereka sering terlambat dan mereka sering kali merasa belum lapar sehingga tidak perlu sarapan. 

Hal-hal sepele seperi di atas tanpa kita sadari dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti magh, lambung, typus, dll. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dengan kondisi tubuh kita maka mulailah sayangi diri kita dengan membiasakan sarapan tepat waktu, usahakan sebisa mungkin untuk meluangkan waktunya memberikan asupan gizi bagi tubuh kita.

Jika anda merasa sedang terburu-buru tidak sempat memasak maka solusi paling tepat adalah buatlah susu hangat dan makanlah roti tawar minimal 2 helai, namun jika anda merasa ada waktu yang cukup untuk memasak di pagi hari maka akan kami hadirkan 3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis untuk anda dan keluarga di rumah.

Menu sarapan yang baik dan sehat untuk tubuh adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi di dukung dengan kandungan gizi lainnya. Oleh karena itu kami hadirkan 3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis yaitu menu Bubur, Sandwich, dan Pancake. 

dari ketiga menu tersebut yang paling menjadi favorit orang indonesia adalah menu bubur yang disini kami sajikan dengan Resep Bubur Ayam, namun tidak memungkiri menu sandwich dan pancake juga menjadi kesukaan orang indonesia di beberapa kalangan masyarakat. Berikut ini akan kami ulas secara lengkap apa saja 3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis di zonamakan.blogspot.com.

Pertama, Resep Bubur Ayam

Resep Bubur Ayam
Resep Bubur Ayam
  • Bahan Bubur Ayam :
  1. 100 g beras
  2. 2 l kaldu ayam
  3. 1 cm jahe, memarkan
  4. 2 sdt garam
  • Bahan Bakmoy Bubur Ayam :
  1. 2 siung bawang putih, cincang halus
  2. 1 buah paha ayam atas bawah, rebus, suwir-suwir
  3. 1 buah (250 g) tahu, potong dadu, goreng hingga agak kekuningan, tidak terlalu garing
  4. Kecap asin secukupnya
  5. 1 sdm kecap manis atau secukupnya
  6. Garam secukupnya
  7. Merica bubuk secukupnya
  8. Gula pasir secukupnya
  9. 1 tangkai seledri, iris halus
  10. 250 ml air
  • Bahan Pelengkap Bubur Ayam :
  1. 1 tangkai daun bawang, iris
  2. 2 sdm bawang merah goreng
  3. 50 g stik keju (bila tak ada masalah dengan kolesterol)
  • Cara Membuat Bubur Ayam :
  1. Bubur: rebus air kaldu dan jahe sampai mendidih sambil diberi garam.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih.
  3. Masak sampai kental sambil diaduk.
  4. Bakmoy: Tumis bawang putih sampai harum.
  5. Masukkan ayam suwir dan tahu. Aduk rata.
  6. Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
  7. Tuang air. Masak sampai mengental.
  8. Beri seledri. Aduk rata.
  9. Sajikan bubur dengan bakmoy, taburi bawang goreng dan daun bawang serta keju (untuk 4 porsi)
  • Kandungan Gizi Per Porsi
  1. Kalori 163 kal
  2. Protein 10,5 g
  3. Lemak 3,9 g
  4. Karbohidrat 23 g
  5. Kolesterol 9,9 mg
  6. Serat 0,4 g

Kedua, Resep Sandwich

Resep Sandwich
Resep Sandwich
  • Bahan Sandwich :
  1. Roti tawar, buang kulitnya
  2. Telur Ayam, di dadar atau ceplok setengah matang atau sesuai selera
  3. Keju chedar lembaran
  4. Bawang Bombay, cincang halus
  5. Tomat, iris tipis-tipis
  6. Daun selada
  7. Mayonaise
  • Cara Membuat Sandwich :
  1. Terlebih dahulu panggang roti tawar yang telah dibuang kulitnya di atas teflon tanpa diolesi mentega atau apapun pada permukaan roti. Biarkan roti hingga berwarna kecoklatan, angkat dan olesi dengan mayonaise secukupnya ke seluruh permukaan roti.
  2. Setelah itu racik bahan sandwich dengan menjadikan semua bahan-bahan isi diatas menjadi satu, kemudian tambahkan mayonaise beberapa sendok dan aduk hingga rata.
  3. Ambil roti tawar yang telah dipanggang, lalu lapisi roti tawar dengan daun selada dan keju diatasnya. Kemudian taruh campuran isi sandwich diatasnya. tutupi dengan irisan tomat dan daun selada, lalu tambahkan mayonaise diatas selada sebelum ditutup dengan lapisan roti terakhir.
  4. Sandwich sederhana siap untuk dihidangkan.

Ketiga, Resep Pancake

Resep Pancake
Resep Pancake
  • Bahan Pancake :
  1. 100 gr tepung terigu
  2. 250 ml susu cair
  3. 1 butir telur, pisahkan putih dan kuningnya
  4. Garam secukupnya
  5. Sedikit margarin untuk olesan
  6. Es Krim atau Sirup Maple ( untuk topping )
  • Cara Membuat Pancake :
  1. Campur rata dan aduk tepung terigu, garam, kuning telur dan susu dengan ballon whisk sampai rata atau bisa menggunakan mixer dengan kecepatan yang paling rendah (kalau tidak punya ballon whisk dan mixer, bisa juga menggunakan spatula kayu)
  2. Kocok putih telur sampai kaku. Bisa menggunakan garpu maupun ballon whisk.
  3. Kemudian masukkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk rata. Nah dalam mencampur adonan tepung dengan putih telur, bisa juga menggunakan tehnik pancing. Dengan cara mengambil sedikit putih telur dan campurkan ke dalam terigu, aduk rata. tambah sedikit demi sedikit. Kemudian baru masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Langkah ini untuk menghindari putih telur yang bergerindil.
  4. Panaskan teflon diameter paling kecil (yang untuk bikin telor ceplok), oles dengan margarin, kecilkan api. Bisa juga menggunakan teflon ukuran standar.
  5. Tuang adonan sekitar 2,5 sendok sayur, tutup sebentar
  6. Balik jika adonan sudah ada sedikit berpori dan sedikit mengeras pinggirnya
  7. Sajikan Pancake di atas piring saji kemudian siram dengan syrup maple sebagai topping anda juga dapat menambahkan es krim atau topping lainnya sesuai selera.
  • Tips Membuat Pancake yang Enak :

  1. Kunci utama kenapa pancake diatas bisa lembut teksturnya walaupun tanpa menggunakan buttermilk adalah pada pemisahan kuning telur dengan putih telurnya.
  2. Untuk mendapatkan pancake yang lebih manis bisa menambahkan 1 sendok makan gula pasir yang diaduk bersama dengan terigu, garam, kuning telur, dan susu.
  3. Bila tidak punya wajan teflon seukuran telur ceplok, bisa mneggunakan wajan teflon biasa walaupun nanti bentuk pancakenya menjadi tidak seragam. Atau bisa juga menggunakan ring/cetakan pancake seperti bentuk bulat, bintang, dll.
  4. Pancake ini sangat enak bila disajikan hangat-hangat.
Ingatlah untuk membiasakan diri sarapan  dengan menu sehat setiap harinya. Menu sehat itu tidak mahal namun kesehatan itu mahal. Demikian itu tadi adalah Cara Membuat dan 3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis yang dapat kami hadirkan untuk anda. Setelah kemarin kami hadirkan 5 Resep Minuman Tersegar Di Dunia yang sangat cocok dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini. Tetaplah bersama kami karena akan kami hadirkan lebih banyak lagi menu-menu masakan dan minuman yang aman dan enak untuk dikonsumsi segala usia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat



3 Resep Menu Sarapan Sehat Praktis | Unknown | 4.5