Resep Siomay Bandung Enak Lezat

Resep Siomay Bandung - Siomay merupakan salah satu jajanan atau makanan ringan berasal dari cina, yang terbuat dari daging yang dicincang lalu dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung terigu. Selain terbuat dari daging, siomay juga dapat dibuat menggunakan udang, kepiting, dan juga daging ayam. Lalu dimasak dengan cara di kukus hingga matang, dan disajikan dengan cuka ataupun kecap asin. 

Nah ide dari Cina di kembangkan oleh orang Indonesia dalam penyajian siomay yaitu dari daerah kota besar terkenal sebagai kota Bandung. Di Bandung Siomay dilengkapi dengan kubis, kentang, pare, tahu putih, dan telur. Semua bahan direbus kemudian dalam penyajiannya juga menggunakan sambal kacang yang pedas, gurih, manis. 

Dari ide itu maka banyak para penjual yang menjajakan jajanan ini dengan nama Siomay Bandung. Jajanan ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena makan siomay bandung dijamin kenyang. Siomay Bandung jelas memiliki banyak kandungan gizi, salah satunya kandungan yang terbesar adalah karbohidrat yang ada di siomay yang terbuat dari tepung terigu dan kentang rebus. Selain itu juga terdapat kandungan protein dan vitamin serta lemak nabati yang terdapat dari kubis, telur, isi siomay seperti ayam, udang, rumput laut, sambal kacang, dll.

Semua orang pasti menyukai siomay bandung karena selain rasanya enak juga mengenyangkan. Jajanan ini paling enak disantap saat siang hari atau sore hari. Terlebih saat disantapnya ketika siomay bandung masih hangat, akan terasa sangat lezat. 

Dari pada anda menunggu tukang Siomay bandung lewat depan rumah anda terlalu lama dan tidak pasti datang apa tidak, mending anda membuatnya sendiri dirumah. Keuntungan membuat sendiri dirumah, jadi bisa membuat siomay bandung yang enak dan sehat dengan bahan-bahan pilihan sesuai selera kita, serta lebih puas dengan rasa bikinan kita sendiri tentunya.

Bagi anda yang suka berbisnis kuliner, jajanan ini juga dapat anda jadikan menu andalan anda. Karena semua kalangan dari muda hingga tua pasti suka. Jadi tak ada salahnya kalau anda pandai membuatnya dan menjualnya.

Kali ini kami akan menyajikan Resep Siomay Bandung yang enak untuk anda semua. Silahkan anda simak terus resep berikut ini.

Resep Siomay Bandung
Resep Siomay Bandung

Bahan Siomay Bandung (campur jadi satu) :

  1. 20 lembar Kulit pangsit sudah jadi
  2. Beberapa buah Tahu putih
  3. Beberapa buah Kentang, kupas, potong sesuai selera
  4. Beberapa lembar Kol atau kubis, tipiskan tulang daunnya, rebus sampai layu 

Bahan Isi Siomay :

  1. 300 gram daging ayam, dicincang halus
  2. 300 gram udang, dicincang halus
  3. 150 gram tepung kanji
  4. 5 siung bawang putih, dihaluskan
  5. 1/2 sendok makan saos tiram
  6. 1 sendok makan minyak wijen
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1/2 sendok teh merica bubuk
  10. 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  11. 1 butir telor, dikocok dulu 

Bumbu Sambal Kacang :

  1. 4 siung bawang putih, ditumis layu
  2. 2 butir bawang merah, ditumis layu
  3. 4 buah cabe merah, ditumis layu
  4. Cabe rawit sesuai selera, ditumis layu
  5. 250 gram kacang tanah goreng
  6. 8 butir kemiri sangrai
  7. Cuka secukupnya
  8. Garam secukupnya
  9. Gula pasir secukupnya
  10. 100 ml air
  11. Jeruk limo secukupnya

Cara Membuat Siomay Bandung :

  1. Siomay : Isi kulit pangsit dengan bahan isi, bentuk seperti mangkok. kemudian Tahu di Belah 2, keruk bagian tengahnya, isi dengan bahan isi. Lalu Kol atau kubis Isi dengan bahan isi, lalu gulung. Lalu kupas kentang di belah jadi 2 dan cuci hingga bersih.
  2. Kukus semua bahan siomay sampai matang, angkat
  3. Saos Kacang: Haluskan semua bahan (kecuali air dan jeruk limau). Kemudian, Panaskan wajan, tumis bahan yang sudah dihaluskan sambil tuangi air. Masak sampai matang. Angkat Saos dari api beri perasan jeruk limo.
  4. Cara menyajikan:
    taruh siomay (pangsit isi, tahu, kubis, dan kentang) dipiring lalu siram dengan saos kacang dan kecap
    jika ingin, siram juga dengan perasan jeruk limo juga sambal kalau suka. Siomay lezat khas Bandung siap disantap.
Demikian Cara Membuat dan Resep Siomay Bandung yang manis, pedas dan gurih nikmat.Pastikan anda menyantapnya disaat hangat sehingga terasa lebih nikmat. Bagi anda yang ingin mencoba resep lainnya silahkan buka resep kami sebelumnya yaitu Resep Kacang Telur Pedas Manis. Selamat mencoba, semoga bermanfaat
Resep Siomay Bandung Enak Lezat | Unknown | 4.5