Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Empuk

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap - Suasana Lebaran Idul Adha sudah tiba, saatnya umat muslim merayakan hari raya besar yang istimewa dengan ke khasan memasak aneka daging segar yang baru dipotong setelah selesai sholat Id berjamaah. Biasanya kebanyakan hewan Qurban adalah Sapi dan Kambing. 

Meskipun ada banyak perbedaan keyakinan kapan sholat Id dilaksanakan, namun hal itu tidak usah menjadi masalah yang besar karena setiap manusia berhak memiliki keyakinan dan pemikirannya masing-masing selagi ia masih berada dijalan yang di ridhoi-Nya dan tidak merugikan orang lain. Hal ini terbukti dengan keceriaan para umat muslim yang merayakan hari raya Idul Adha dengan berQurban dan berbagi kepada semua orang. 

Mungkin bagi anda yang pemula atau belum begitu ahli memasak daging, akan kebingungan bagaimana cara memasaknya agar baunya hilang, rasanya enak, dan dagingnya empuk. Namun tidak usah khawatir, anda tinggal pantengin terus zonamakan.blogspot.com dengan serius, kami akan berbagi tips dan resep menarik seputar olahan daging.

Biasanya Daging dianggap makanan yang mewah arena harganya mahal, namun di hari Idul Adha ini semua orang bisa mendapatkan daging dengan cuma-cuma sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan harga daging. Olahan daging sangat banyak, ada yang dibuat daging saus tiram, teriyaki, dan lain-lain. Namun mayoritas masyarakat mengolah daging Qurban menjadi sate karena dianggap simpel, praktis, dan enak, serta semuanya dapat kebagian karena potongan dagingnya kecil-kecil dan rasanya tetap nikmat.

Kali ini kami akan berbagi tips dan Resep Sate Kambing Bumbu Kecap yang istimewa. Kami akan berbagi rahasia masakan ala resto ternama yang mampu mengolah daging tanpa bau tk sedap, tekstur dan daging empuk, serta rasa yang berbeda lezatnya.

Memasak daging Kambing bukan hal yang sulit asal tau bagaimana mengolahnya dengan benar, maka bau prengus dari Kambing pasti akan hilang dan rasanya juga seenak daging lainnya. Selain enak, ternyata daging Kambing juga memiliki banyak khasiat, terutama untuk orang yang tekanan darahnya kurang atau darah rendah. Karena makan daging kambing dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah, sehingga pada orang yang mempunyai tekanan darah rendah sangat dianjurkan untuk mengonsumsi Sate Kambing. 

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium terbaik. Vitamin B akan membantu tubuh membakar lemak, sedangkan kolin dan selenium mampu menangkal kanker. Setiap 100 gram daging kambing memiliki kandungan 154 kalori, 9,2 mg lemak, 3,6 mg lemak jenuh. Daging kambing juga dipercaya bisa meningkatkan potensi seksualitas kaum pria. Untuk yang ini, yang paling banyak diburu oleh kaum pria adalah bagian torpedo kambing. Selain bagian torpedo, empedu Kambing juga dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan seksualitas. Hanya saja jika torpedo kambing dikonsumsi dengan dimasak/disate, maka untuk empedu kambing harus ditelan mentah-mentah.

Sudah tau khasiatnya kan, sekarang langsung saja kita simak berbagai tips dan trik rahasian dari kami dan resep yang mudah. Silahkan coba Resep Sate kambing Bumbu Kecap berikut ini.

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap
Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

Tips dan Trik Menghilangkan Bau Daging Kambing :

  1. Sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau.
  2. Selain air jeruk nipis bisa juga menggunakan daun jambu klutuk. Daun jambu itu dibejek-bejek bersama dengan daging kambing sebelum dimasak.
  3. langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa pernah sedikitpun mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya.Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing siap olah tidak mengapa disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air.

Tips dan Trik agar Daging Kambing Empuk :

  1. Pertama dengan daun pepaya dengan cara ; bungkus daging menggunakan daun pepaya selama 10 menit saja. 
  2. Kedua dengan merendam di buah nanas muda / setengah matang selama 5 menit sudah cukup, jangan terlalu lama nanti terlalu empuk.

Bahan Sate Kambing :

  1. 500 gram daging kambing, potong-potong layaknya sate

Bumbu Untuk Celupan Sate Kambing :

  1. 50 gram buah nanas setengah matang, diparut halus
  2. 100 gram kacang tanah, digoreng dan haluskan
  3. 2 sendok makan kecap manis
  4. Campurkan semua bahan menjadi satu dan aduk aduk rata. Sisihkan.

Bumbu kecap Sate Kambing :

  1. 10 buah cabai rawit merah
  2. 10 butir bawang merah, diiris halus dulu
  3. 2 buah tomat merah, dipotong kasar saja
  4. 5 sendok makan kecap manis
  5. - Uleklah cabe rawit merah dan letakkan di mangkuk.
  6.  Lalu campur dengan bawang merah dan tomat ke dalamnya. Tambahkan dengan kecap manis. Aduk rata.

Cara membuat Sate Kambing :

  1. Pertama rendamlah daging kambing dalam bumbu celup diatas selama 5 menit saja atau maksimal 10 menit.
  2. Setelah waktu cukup tusuklah daging kambing dengan tusuk sate yang sudah direndam air, selingi dengan gajih. (layaknya satai abang-abang)
  3. Terakhir bakar sate hingga matang. selesai

Info Masakan Sate Kambing :

  1. Waktu Persiapan: 10 menit Waktu Masak: 45 Menit Menghasilkan : untuk 6 orang ,
  2. Kandungan Kalori : 363 Kalori
  3. Mengandung Lemak / porsi : 20,1 gram
  4. Kolesterol / porsi : 69 mg
  5. Protein / porsi : 25,1 g 
Sangat disarankan disantap sajian ini ketika masih panas atau hangat, apalagi kalau ada gajih didalamnya, kalau anda lebih suka dengan bumbu kacang juga boleh karena tidak akan mengurangi rasa enak dan sate hasil bakaran ini, malah akan terasa lebih istimewa. Demikian Cara Membuat dan Resep Sate Bumbu Kecap yang lezat dari kami kami. Nantikan resep kami lainnya di zonamakan.blogspot.com serta intip juga Resep Puding Roti Tawar Enak dan Praktis cemilan sehat dan lezat. Selamat mencoba



Resep Sate Kambing Bumbu Kecap Empuk | Unknown | 4.5