Resep Sup Merah Segar Asli Jawa Timur

Resep Sup Merah - Satu lagi resep dari warisan nenek moyang kita yang sangat menggugah selera makan. Resep Sup Merah Segar Asli Jawa Timur yang menjadi salah satu menu favorit Khas Jawa Timur. Bagi yang berasal dari Jawa Timur pasti sudah sangat bersahabat dengan rasa dan wujud dari Sup Merah. Namun sayangnya belum banyak orang diluar Jawa Timur yang tau apa itu Sup Merah. Kalaupun tau apa itu Sup Merah pasti belum tentu tau dari mana asal Sup Merah.

Resep Sup Merah berasal dari Jawa Timur yang merupakan salah satu menu asli propinsi tersebut. Kenapa di sebut Sup Merah? Karena warna dari kuah Sup nya adalah merah, sehingga dinamakan Sup Merah. Rasa dari Sup Merah sangat segar dan terasa ada rasa sedikit pedas, asam yang menjadi dominan. Karena bahan yang dijadikan sebagai pewarna di dalam kuah Sup Merah asli terbuat dari tomat dan cabai merah yang ditumbuk halus hingga menjadi pasta. 

Bagi anda yang tidak suka dengan rasa pedas maka tidak perlu menambahkan cabai merah sebagai pasta, dan bagi ana yang gemar dengan rasa pedas maka dapat menambahkan cabai merah sesuai selera anda masing-masing. Namun jika membeli Sup Merah di luar rumah maka rasa dari olahan Sup Merah tidak dapat diprotes harus sesuai apa yang kita mau. Jadi kalau menginginkan rasa sesuai selera anda sendiri maka anda harus membuat Sup Merah sendiri di rumah.

Selain untuk konsumsi bersama keluarga, Sup Merah juga cocok dijadikan sebagai sajian istimewa di acara arisan, tasyakuran, dan berbagai hajatan lainnya. Isi dari Sup Merah adalah daging ayam yang dipotong kecil-kecil atau disuwir dan ada juga yang menambahkan dengan telur rebus utuh dan ceker atau sayap. Namun jika tidak menyukai telur rebus maka dapat dihilangkan dari Resep Sup Merah anda. 

Cara Membuat Sup Merah yang segar sangatlah mudah dan semua bahan yang digunakan juga ada warung, pasar, atau toko makanan, serta supermarket. Sehingga anda dapat mencoba membuat Sup Merah dirumah kapan saja. Resep Sup Merah Asli Jawa Timur ini sudah mulai terkenal di kota-kota besar di Indonesia, sehingga bagi anda yang tinggal di kota mungkin sudah ada penjual Sup Merah. 

Biasanya penjual Sup Merah buka setiap sore hingga malam hari karena menu Sup Merah sangat nikmat sebagai sajian makan malam terlebih jika cuaca sedang dingin tentu akan lebih nikmat lagi. Bagi anda yang belum pernah mencoba Sup Merah, silahkan coba sendiri Resep Sup Merah dari kami di zonamakan.blogspot.com yang diadopsi dari Resep Sup Merah Asli Jawa Timur. Belajar memasak agar sikecil dan suami serta keluarga betah di rumah itu adalah hal yang paling penting bagi seorang wanita. 

ingin belajar memasak, tapi malas baca buku resep dan merogoh kocek untuk membeli buku Resep? Silahkan buka saja koleksi resep kami di zonamakan.blogspot.com ada segudang Resep Masakan dari berbagai belahan dunia dan tentunya dengan sajian resep yang menggugah selera makan semua orang. Dari mulai Resep Tradisional hingga Resep Kekinian ada semuanya. Seperti salah satu resep berikut ini yaitu Resep Sup Merah segar Asli dari Jawa Timur.
Resep Sup Merah
Resep Sup Merah

Bahan Resep Sup Merah:
  1. Sediakan 200 gr dada ayam, (direbus kemudian dipotong-potong dadu atau disuwir)
  2. Sediakan 100 gr jamur kancing, (dipotong atau belah menjadi dua)
  3. Sediakan 1 sdm pasta tomat
  4. Sediakan 1 liter kaldu ayam (air dari rebusan ayam tadi)
  5. Sediakan 600 gr tomat merah, buang bijinya dan haluskan 
  6. Sediakan 5 cabai merah segar (haluskan) (bila suka)
  7. Sediakan 50 gr kacang polong
  8. Sediakan 150 gr wortel potong dadu
  9. Sediakan 1/2 sdm gula pasir
  10. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk
  11. Sediakan 1 sdt garam atau secukupnya
  12. Sediakan 150 gr bawang bombay, cincang halus
  13. Sediakan 20 gr makaroni kering
  14. Sediakan 5 buah sosis sapi kita iris iris bulat
  15. Sediakan 2 sdm minyak goreng
Cara Membuat Resep Sup Merah:
  1. Langkah pertama, panaskan minyak goreng,  kemudian kita tumis bawang bombay hingga harum. Gunakan api sedang saja.
  2. Selanjutnya masukkan 1 liter kaldu ayam, tomat dan cabai yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata.
  3. Lalu masukkan makaroni, pasta tomat dan wortel. Rebus hingga makaroni dan wortel menjadi lunak dan empuk.
  4. Selanjutnya masukkan kacang polong, daging ayam, jamur dan sosis. Aduk hingga merata.
  5. Kemudian masukkan juga gula, merica dan garam. Aduk hingga merata dan kuah mendidih serta rasa sudah sesuai selera.
  6. Angkat dan sajikan Sup Merah selagi masih hangat.
Tambahkan Sup Merah dengan telur rebus, ceker, atau sayap ayam apabila anda menghendakinya. Dan nikmati kenikmatan Sup Merah dengan nasi hangat. Demikian Cara Membuat Dan Resep SupMerah segar Asli Jawa Timur yang wajib anda coba sendiri di rumah karena Resep Sup Merah sangat mudah di praktekkan dan rasanya sangat nikmat.

Sebelumnya kami telah menghadirkan Resep Masakan Italia yang sudah mendunia hingga terkenal juga di Indonesia yaitu Resep Pastry Isi Daging Dan Keju Spesial dengan kualitas rasa yang tidak kalah dengan Resep Kue lainnya. Nantikan resep-resep istimewa dari kami selanjutnya hanya di zonamakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Resep Sup Merah Segar Asli Jawa Timur | Unknown | 4.5